Bisnis Ramah Lingkungan Dari Limbah Plastik

Saat ini limbah plastik dimana-mana dan menjadikan banyak tempat tercemar. Limbak plastik seperti botol bekas, maupun plastik pembungkus makan setiap harinya bertambah. Jenis limbah plastik memiliki sifat yang tidak dapat diurai oleh tanah sehingga jika dibuang begitu saja kan tetap utuh dan mencemari http://modelperhiasan.eklablog.com/ lingkungan.

Lihatlah sungai-sungai di kota besar yang sudah tidak lagi bersih dan malahan banyak limbah yang dibuang ke sungai. Sebagai masyarakat yang baik kewajiban kita adalah untuk membantu menjaga lingkungan tetap terjaga.  Beralih dari pencemaran lingkungan ternyata limbah plastik dapat dimanfaatkan menjadi sesuai yang memiliki nilai guna lho sobat.  Bahkan juga bisa menjadi peluang bisnis yang ramah lingkungan serta menghasilkan keuntungan.

Contoh Barang-Barang Kerajinan Dari Limbah

Berikut ini beberapa contoh ide barang-barang unik dari limbah dapat Anda simak berikut ini;

  1. Pot tanaman hias dari botol bekas. Anda dapat manfaatkan aneka botol plastik bekas misalkan bekas air mineral, bekas minyak goreng, ataupun kaleng susu bekas bisa Anda manfaatkan. Hiasi botol-botol bekas tersebut dengan cara mengecat ulang bagian luarnya. Anda dapat menghiasnya dengan diberi gambar karakter kartun agar terlihat lebih lucu.
  2. Tas dari plastik bekas. Mungkin Anda pernah meliat tas dari plastik bungkus makanan tertentu bukan? Modal yang Anda keluarkan tidak banyak karena plastik dapat Anda peroleh secara gratis.
  3. Celengan dari kaleng bekas. Anda dapat memanfaatkan kaleng bekas susu ataupun kaleng minuman bekas untuk Anda jadikan celengan. Lukis kaleng dengan karakter-karakter unik yang lagi tren untuk anak-anak.
  4. Bros dari kain perca. Kain perca dari sisa konveksi bisanya sangat banyak dan menghasilkan limbah lingkungan. Anda dapat memanfaatkan nya menjadikan bros cantik dari kain perca.
  5. Bingkai foto unik dari kardus bekas. Jika di sekar Anda banyak kardus bekas maka dapat Anda manfaatkan kembali dengan menyulap nya menjadi bingkai foto unik. Tambahkan aksesoris lain seperti manik-manik atau batuan untuk memberikan kesan

Itulah tadi beberapa kerajinan yang bisa Anda buat dengan memanfaatkan limbah-limbah di sekitar Anda. Dengan Anda peduli terhadap limbah akan memberikan dampak baik terhadap bumi kita. Sekian ulasan peluang bisnis kali ini semoga bermanfaat.

Plastik merupakan penemuan kreatif seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekeland pada tahun 1910. Penemuan ini tentunya positif bagi masyarakat karena plastik saat ini dapat menawarkan nilai praktis untuk penyajian sesuatu. Selain nilai positifnya, plastik juga berdampak negatif karena penggunaannya yang berlebihan. Saat ini, plastik menjadi sampah yang banyak menumpuk dimana-mana. Padahal, butuh waktu ratusan tahun agar sampah plastik ini terurai secara alami. Masalah sampah plastik semakin kompleks karena hanya sedikit orang yang tahu cara menangani sampah rumah tangga ini.

Bagi kebanyakan orang sampah plastik ini dianggap sebagai barang tidak berguna yang hanya mengotori rumah saja, namun bagi yang mengerti dan peduli lingkungan, sampah ini akan menjadi hal yang bermanfaat. Alih-alih mengurangi volume sampah, relawan Tzu Chi juga mampu menciptakan karya seni yang indah dan berharga dengan memanfaatkan sampah kemasan yang tidak terpakai. Salah satunya membuat tas cantik dari wadah kopi bekas.

Masalah sampah plastik tak kunjung usai sejak saat itu. Sampah plastik adalah masalah serius.

Mengapa? Toh plastik hanya digunakan dalam waktu singkat, namun sampah plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai di dalam tanah.

Asal tahu saja, butuh waktu antara 20 hingga 1000 tahun hingga sampah plastik, terutama yang berupa kantong, akhirnya terurai.

Padahal, di beberapa tempat sampah plastik bukan lagi masalah serius, bahkan bisa menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Banyak orang sudah memulai bisnis yang menggunakan sampah plastik.

Kalau kita punya banyak kreativitas, sampah plastik bisa dijadikan kerajinan yang indah dan unik. Selain bahan baku yang tersedia, kami juga berkomitmen untuk menjaga lingkungan.

Sampah plastik seperti kopi kemasan instan, deterjen, botol plastik, dll bisa dijadikan produk yang punya harga.